Unsur-unsur Terbentuknya Negara : Deklaratif, Konstitutif Pembahasan

Unsur-unsur Terbentuknya Negara yang harus sahabat ketahui dimana materi ini akan disajikan dalam PKN dan bisa kalian baca kemudian pahami dan nanti kalau ada soal tentang materi unsur dari terbentuknya negara ini di harapkan sahabat bisa menjawab dengan benar dan lengkap.

Ada dua unsur yang mendasari terbentuknya negara pada umumnya dan sah digunakan sampai sekarang dimana nanti dua unsur ini di bagi menjadi beberapa bagian langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Unsur-unsur Terbentuknya Negara


1. Unsur Konstitutif Negara
Unsur konstitutif merupakan unsur utama yang harus ada dalam pembentukan suatu negara. Unsur ini merupakan penentu ada atau tidaknya sebuah negara. Kekurangan satu saja unsur konstitutif negara, suatu negara akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan kehidupan bernegara. Misalnya, Palestina bermasalah dengan wilayah negaranya. Meski Palestina sudah mempunyai pemerintahan dan rakyat, akan tetapi masih bersengketa dengan Israel mengenai wilayahnya. Unsur konstitutif negara meliputi wilayah yang mencakup darat, perairan (tidak harus ada), dan udara, pemerintahan yang berdaulat, dan masyarakat atau rakyat.


a. Wilayah
Sutau negara harus memiliki wilayah. Suatu negara harus memiliki batas-batas teritorial yang jelas. Adapun wilayah negara umumnya meliputi wilayah darat, wilayah udara, dan wilayah perairan (wilayah laut).
b. Penduduk yang menetap
Pengertian penduduk adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah tertentu dan dalam waktu tertentu yang telah ditentukan oleh undang-undang yang berlaku. Dalam suatu negara, ciri khas suatu negara bisa dilihat dari penduduknya. Misal, dalam identitas negaranya, nilai politiknya, ataupun dalam kebudayaannya.
Penduduk suatu negara dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu warga negara dan orang asing.
1) Warga negara
Penduduk dapat berupa warga negara. Dengan kata lain, warga negara adalah bagian dari penduduk. Adapun pengertian warga negara adalah orang-orang yang berkedudukan resmi sebagai anggota penuh sebuah negara. Warga negara merupakan orang-orang yang mendapatkan perlindungan penuh dari negaranya. Selain itu, warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik negaranya.
2) Orang asing
Selain warga negara, penduduk suatu negara juga dapat berupa orang asing. Orang asing bisa dikatakan penduduk, akan tetapi bukan warga negara. Orang asing adalah orang yang mendiami negara tertentu, baik sementara maupun menetap. Orang asing merupakan kelompok orang-orang yang sudah mendapatkan izin pemerintah setempat untuk menetap di negara yang bersangkutan. Orang asing masih memiliki ikatan dengan negaranya sendiri, meski mereka tinggal di negara lain asalkan mereka tidak memutuskan kewarganegaraannya. Di sisi lain, orang asing hanya memiliki hubungan dengan negara yang didiaminya selama mereka masih mendiami wilayah negara tersebut.
Sebagai catatan, penggolongan penduduk di atas adalah penggolongan penduduk menurut Austin Ranney.
3) Pemerintah yang berdaulat
Pemerintah merupakan suatu alat kelengkapan negara sebagai pemimpin organisasi negara dalam rangka mencapai tujuan negara. Pemerintah merupakan lembaga yang menjalankan kepentingan bersama dalam kehidupan bernegara. Pemerintah suatu negara melaksanakan fungsi kesejahteraan bersama dan tujuan-tujuan negara.
2. Unsur Deklaratif Negara
Unsur deklaratif negara merupakan unsur yang bersifat pernyataan. Unsur ini sebagai pelengkap unsur konstitutif. Unsur deklaratif sangat diperlukan dalam pembentukan suatu negara, terutama unsur pengakuan dari negara lain. Pengakuan ini sangat penting dalam hubungan internasional, meski bukan termasuk unsur penentu dalam suatu negara. Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju mendorong hubungan saling tergantung antara negara satu dengan negara lainnya.Adapun pengakuan dalam unsur terbentuknya suatu negara ada dua macam, yaitu secara de jure dan de facto. Pengertian pengakuan secara de facto merupakan pengakuan yang dilandasi dengan hukum. Sedangkan pengakuan secara de facto adalah pengakuan mengenai kenyataan tentang adanya sebuah negara. Suatu negara diakui keberadaannya karena telah memenuhi unsur-unsur pembentuk suatu negara.