Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Fungsi dan Dimensinya

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Fungsi dan Dimensinya kali ini kami akan mencoba membahas mengenai hal dasar dalam seni rupa mulai dari pengertian dan beberapa pembagianya yang harus anda ketahui. Seni rupa adalah sebuah ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangka dan dirasakan dengan rabaan. Perwujuda ini merupakan hasil pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu.

Pembagian seni rupa sendiri secara umum terdiri dari 2 aspek yakni seni rupa berdasarkan fungsinya dan dimensinya. Ok supaya lebih faham maka akan kami bahasa satu persatu dalam artikel kali ini mulai dari aspek yang pertama.

Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa dengan aspek yang pertama ini dibagi menjadi dua bagian yang pertama adalah seni rupa terapan, atau biasa dikenal dengan Applied Art contohnya seperti batik, meja, vas bunga, hiasan dinding, sedangkan Seni Rupa murni yaitu seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya contohnya lukisan dan kaligrafi. 

Seni Rupa 2 dimensi
Seni Rupa 2 dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi

Jika dilihat berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi berati hanya memiliki panjang dan lebar saja, seni rupa 2 dimensi itu contohnya seperti lukisan dan seni grafis sedangkan seni rupa 3 dimensi berarti memiliki panjang, lebar, dan tinggi berarti mempunyai volume atau ruang. Seni rupa 3 dimensi itu seperti patung, kriya, dan keramik.


Seni Rupa Murni

Seni Rupa Terapan
OK sampai disini pemabhasan kita kali ini mengenai pengertian seni rupa yang bisa kalian baca dan pahami ya semoga bisa bermanfaat.
Refrensi : Pengertian Seni Rupa